FESTIVAL KARYA TARI 2017

Festival Karya Tari 2017 diselenggarakan di gedung Cak Durasim Taman Budaya Jawa Timur pada tanggal 18 – 20 Mei 2017, yang dihadiri oleh pejabat dari masing-masing kontingen se Jawa Timur. Acara yang digelar sebagai ajang kreasi pecinta seni tari ini diikuti oleh 33 peserta dari kabupaten/kota di Jawa Timur, salah satunya Kabupaten Magetan.

Kabupaten Magetan menampilkan tari dengan judul “NIRMALA’ yang dilakukan oleh 7 orang penari. Tarian ini mengangkat tema sosial dengan ide tari yaitu “Mobyor Masyarakat Dusun Wonomulyo”. Tema ini menyangkut kehidupan masyarakat dusun wonomulyo yang penduduknya memiliki latar belakang yang bervariasi, namun kerukunan antar warganya masih terjalin sangat baik. Hal tersebut terlihat pada tradisi upacara Bersih Desa hingga upacara Galungan, masyarakat Wonomulyo memiliki toleransi yang sangat tinggi. Gambaran kehidupan seperti itu menjadi inspirasi Ferry Cahyo Nugroho, S.Pd selaku koreografer menjadi sebuah sebuah karya seni dalam bentuk tarian.

IMG_0120.JPGIMG_0118

Kata “NIRMALA” itu sendiri berasal dari dua suku kata yaitu “nir” yang dalam bahasa jawa berarti “tidak”, dan kata “mala” yang berarti “kesukaran” yang mencerminkan kehidupan Dusun Wonomulyo yang hidup dalam kedamaian dan kemuliaan

Dari cerita ini yang diangkat menjadi sebuah karya seni dalam bentuk tarian dan ditampilkan dalam acara Festival Karya Tari 2017, membuat Kabupaten Magetan masuk dalam kategori 10 penyaji Unggulan Tanpa Jenjang, beberapa Kabupaten/Kota lainnya yang masuk dalam kategori ini adalah Kota Surabaya dengan tarian yang berjudul “Okol”, Kabupaten Lamongan dengan tarian yang berjudul “Tutup Layang”, Kota Pasuruan dengan tarian yang berjudul “Larung Segara”, Kabupaten Tuban dengan taruan yang berjudul “Nyenyetri”, Kota Probolinggo dengan tarian yang berjudul “Nangge Mak Dul”, Kabupaten Blitar dengan tarian yang berjudul “Pramugari”, Kabupaten Sumenep dengan tarian yang berjudul “Rokut Tase”, Kabupaten Pasuruan dengan tarian yang berjudul “Ongkok”, dan Kota Kediri dengan tarian yang berjudul “Gemerentang Jati”

IMG_0120IMG_0133

Prestasi yang diraih oleh Kabupaten Magetan ini dapat memberikan motivasi tersendiri untuk para seniman tari untuk terus berkarya, mempertahankan kesenian tradisional dan terus berusaha memberikan yang terbaik agar lebih bisa bersaing lagi dalam ajang kreasi berikutnya
.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s